Wajib Kamu Tahu Ini Dia Tes Askam Calon AVSEC Bandara | PSPP Jogja

Sekolah AVSEC PSPP Jogja – Bagian dari proses seleksi yang perlu dilalui para pencari kerja di dunia penerbangan yakni tes askam. Menjadi petugas keamanan bandara memang bukanlah hal yang mudah, selain tahap seleksi yang cukup banyak, syarat yang dibutuhkan pun lumayan detail.

Askam sendiri ialah kependekan dari Aspek Keamanan. Tes ini pada umumnya dilakukan di dunia penerbangan ketika proses rekrutmen karyawan baru. Tes askam ini terkadang disebut sebagai background check test. Tes Askam ini bukan hanya untuk merekrut calon AVSEC, tapi juga dilakukan untuk perekrutan profesi penerbangan lainnya. seperti Pramugari dan Staff Penerbangan.

Materi Tes Askam Calon AVSEC Bandara

Aviation Security atau AVSEC merupakan personil yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap keselamatan serta keamanan penerbangan. Faktor keamanan menjadi sebuah tugas yang melekat bagi seorang AVSEC. Oleh sebab itu tes Askam menjadi tahapan yang sangat menentukan bagaimana seseorang layak atau tidak dalam menjalankan tugasnya nanti.

Tujuan dari tes ini adalah untuk melihat kesesuaian dari pelamar kerja dengan aspek keselamatan dan keamanan dari perusahaan yang merekrut. Latar belakang dari pelamar harus benar-benar bersih dari berbagai keterlibatan dalam organisasi politik, radikal hingga tindakan kriminal atau yang berhubungan dengan hukum.

Bagaimanapun karyawan merupakan cerminan dari citra perusahaan. Apabila ada karyawan yang pernah terlibat dalam aktivitas masa lalu yang kurang baik tentu akan berdampak buruk bagi perusahaan, termasuk dapat mengganggu keamanan dan keselamatan penerbangan.

Beberapa tahapan Tes Askam yang perlu kamu perhatikan, antara lain:

Kelengkapan Dokumen

Isilah data diri secara lengkap, termasuk data dan nama orang tua maupun saudara kandung. Selanjutnya siapkan dokumen yang dibutuhkan diantaranya: CV, fotokopi KK atau KTP, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), ijazah SMA/sederajat, pas foto ukuran 4 x 6 dan surat izin orang tua dengan tanda tangan bermaterai.

Ujian Tertulis

Pelamar akan diminta menjawab pertanyaan seputar pendapat mereka mengenai Pancasila, UUD 45, NKRI, wawasan kebangsaan hingga pengetahuan umum lainnya.

Hasil Wawancara

Berdasarkan hasil ujian tentang kebangsaan, pelamar juga akan diwawancarai atau tes interview dengan pihak security bandara atau perusahaan maskapai.

Tips Lolos Tes Askam Calon AVSEC Bandara

Jangan anggap remeh tes askam dengan hanya sebagai formalitas semata. Hal tersebut karena tes askam juga menjadi faktor penentu menjadi AVSEC. Tips yang bisa kamu perlukan yakni dengan meningkatkan wawasan kebangsaan kamu. Selain itu kamu juga perlu memahami profil maupun visi dan misi perusahaan tempat kamu melamar agar lebih mengenal dan menyatu dengan keinginan perusahaan.

Selain itu, kamu juga perlu lebih meningkatkan pengetahuan kamu di bidang kebandarudaraan melalui pendidikan serta pelatihan khusus AVSEC. Salah satu sekolah AVSEC yang akan menambah wawasan kamu serta berlisensi resmi adalah PSPP Penerbangan.

Baca juga: Daftar 4 Sekolah AVSEC Berlisensi di Indonesia

pspp penerbangan

Informasi Pendaftaran PSPP Penerbangan

Tahun ini PSPP Penerbangan membuka pendaftaran untuk 2 periode yakni bulan Juni dan Desember. Apabila calon siswa menanyakan pendaftaran di bulan Juli, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Desember atau kelas Juni di tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Hanya tersedia 150 kuota untuk masing-masing kampus. Terbatas banget ya dek. Kamu bisa mendaftar di salah satu cabang PSPP yang terletak di Jakarta, Makassar, Yogyakarta atau Lampung.

Untuk adek-adek yang ingin bergabung dengan PSPP Penerbangan bisa langsung menghubungi mimin dengan Call/WA di 0822 1195 1972 atau langsung klik Formulir Pendaftaran. Jadi begitu ya, ketemu lagi nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *