Tips Atasi Antrean Dengan Tenang | PSPP Penerbangan

Tips Atasi Antrean Dengan Tenang | PSPP Penerbangan

Informasi Penerbangan PSPP Makassar – Fenomena antre mengantre yang saling mendahului sering dialami oleh kebanyakan orang di berbagai bandara khususnya penerbangan domestik. Hal tersebut tentu membuat para petugas di bandara perlu kerja ekstra, karena tidak semua penumpang bisa diatur dengan tertib sehingga petugas seringkali kesulitan dalam mengatur antrean penumpang.

Sebenarnya untuk memudahkan antrean, layanan online check in melalui website sudah diterapkan oleh maskapai penerbangan. Penumpang hanya tinggal mencetak lalu dibawa ke bandara. Namun di beberapa tempat inovasi yang telah dibuat demi kemudahan dan kepraktisan agar tidak mengantre ini ternyata masih mengharuskan penumpang untuk menukarkan kembali hasil mencetak boarding di bandara. Dilansir dari nasa.or.id, inilah tips atasi antrean dengan tenang yang dapat dilakukan diantaranya.

Gunakan Aplikasi Digital Travelation

Ada beberapa maskapai yang menerapkan prosedur dengan menciptakan aplikasi travelation untuk pengecekan secara dokumen penerbangan penumpang pesawat di tengah kondisi pandemic ini. Penumpang pesawat pun menyambut dengan respon positif adanya aplikasi tersebut, karena membuat prosedur penerbangan yang ketat dapat dijalankan secara sederhana. Proses pengecekan secara digital ini dapat mempersingkat waktu di bandara, di mana antrean panjang di bandara dapat dihindari. Selain itu, tidak menurunkan pelayanan serta efisien layanan.

Pemeriksaan dokumen secara digital tujuannya untuk memastikan semua prosedur berjalan secara efektif, serta untuk memastikan jaminan kesehatan untuk calon penumpang sebelum terbang tetap dilakukan dengan baik. Dengan adanya cara digitalisasi ini nantinya calon penumpang dapat dengan mudah memperoleh surat pre-clearance tanpa mengganggu kenyamanan.

Gunakan Layanan Self Check-in

Dengan menggunakan layanan self check-in ini tentu akan mempermudah para petugas di bandara begitu pun dengan penumpang itu sendiri. Karena dengan adanya layanan ini akan mengurangi antrean di check in counter yang juga berdampak kepada semakin mudah dan cepatnya proses keberangkatan bagi penumpang sehingga dapat berdampak juga pada on time performance bandara maupun maskapai.

Hal pertama yang harus dilakukan penumpang adalah mendatangi self check in counter, kemudian pada menu yang tersedia penumpang tinggal memilih nama maskapai. Kemudian tampil menu pilih bahasa, lalu muncul tombol check in.

Penumpang dapat memasukkan nama akhiran, masukkan kode booking sampai nama penumpang muncul. Nah, untuk langkah terakhir cukup dengan menekan tombol cetak atau print. Setelah mendapatkan boarding pass, penumpang tidak perlu lagi masuk untuk mengantre di security point atau pemeriksaan X-Ray di ruang keberangkatan.

Penumpang bisa langsung ke shopping arcade di sebelah kanan dengan naik tangga atau menggunakan lift. Selanjutnya penumpang menjalani pemeriksaan di security check point (SCP 1). Setelah pemeriksaan awal, jika jadwal penerbangan masih lama maka penumpang bisa menunggu dulu sambil bersantai. Kemudian penumpang menjalani pemeriksaan X-Ray kedua dan menunggu flight di boarding lounge.

Nah, itulah penjelasan mengenai tips atasi antrean di bandara. Sebagai petugas di bandara pun akan lebih tenang dan tidak panik ketika menghadapi antrean. Akan tetapi, sebaiknya prosedur dengan menggunakan aplikasi digital travelation dan layanan self in counter harus diterapkan secara menyeluruh. Selain untuk mempermudah petugas bandara, akan mempermudah para penumpang itu sendiri.

Hal ini untuk mencegah antrean panjang, mengingat kondisi sedang pandemic pun perlu menerapkan protocol keseharan, seperti melakukan social distancing. Tidak terbayang bukan, jika antrean sangat panjang akan mempengaruhi ke segala aspek pada kelancaran penerbangan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Baca juga: Seluk Beluk Cargo Handling Penerbangan

Sekolah Staff Penerbangan Terakreditasi A PSPP Penerbangan

Karir Staff Penerbangan memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi Staff Penerbangan bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah Staff Penerbangan untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Februari, Juni dan Desember. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Jihan dengan Call/WA 0895-42400-4890. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *