Teknik Jungle Survival Bagi Pramugari/a | PSPP Penerbangan

Teknik Jungle Survival Bagi Pramugari/a | PSPP Penerbangan

Pendidikan Pramugari PSPP Jakarta – Di dunia penerbangan tidak lepas dari berbagai training/pelatihan yang dilakukan, termasuk training Jungle Survival. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman situasional kepada calon Pramugara/Pramugari dalam bertahan keadaan tersulit. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan di hutan dan danau/sungai. Tapi, yang akan dibahas pada artikel kali ini yaitu pertahanan hidup di hutan atau alam liar.

Dalam keadaan sesulit apapun seorang pelaku penerbangan wajib bisa memaksimalkan segala keterbatasan untuk bertahan hidup. Sebenarnya ilmu survival ini harus dikuasai oleh siapa saja, karena survival adalah ilmu dasar untuk bertahan hidup kapanpun dan di manapun. Dilansir dari nasa.or.id, berikut ini beberapa ilmu Jungle Survival yang wajib dikuasai pramugari/a:

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

Dengan menguasai ilmu pertolongan pertama ini, fungsinya untuk mengantisipasi apabila suatu saat pesawat harus mendarat darurat di hutan. Maka awak kabin harus mampu bertahan hidup sampai bantuan datang. Selain itu dengan ilmu pertolongan pertama ini kamu jadi mengetahui tindakan apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi kecelakaan atau sakit di alam bebas. Dengan penanganan yang tepat tentu bisa menyelamatkan nyawa seseorang yang sekarat.

Membuat Sumber Air dan Memurnikannya

Air merupakan sumber yang vital atau penting untuk mempertahankan kehidupan. Pernahkah kamu berpikir bahwa manusia itu hanya bisa bertahan hidup selama tiga sampai empat hari saja? Jadi, apabila dalam keadaan darurat seperti di hutan, kamu harus mengetahui di mana dan bagaimana caranya mendapatkan air. Jangan sampai air yang didapatkan itu justru air kotor yang mampu mengundang penyakit.

Membuat dan Mempertahankan Api

Selain air, api juga merupakan unsur penting dalam kehidupan. Bagaimana jadinya jika sedang merasa kedinginan? Tentu api memiliki peranan penting untuk menghangatkan. Apapun bisa kita lakukan dengan peran api, seperti bisa membuat makanan yang tidak bisa dimakan ataupun bisa membuat air kotor menjadi bersih. Kamu juga perlu menguasai teknik atau cara membuat api dengan alat-alat yang seadanya serta mampu mempertahankan api.

Memancing, Berburu, dan Meramu

Demi menjaga kelangsungan hidup, manusia juga butuh makan. Ketika keadaan darurat di dalam hutan, maka mau tidak mau kamu harus mencari makanan di alam liar. Dengan menguasai ilmu memancing, berburu dan meramu tentu kamu bisa memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah sehingga kamu bisa mencari makanan yang ada di alam menggunakan ilmu yang telah dikuasai.

Membuat Tempat Perlindungan Sementara

Pastikan kamu mampu membuat tempat perlindungan sementara selama di hutan.  Dengan ilmu tersebut kamu bisa berteduh di saat hujan, tetap hangat disaat dingin dan terlindung dari ancaman binatang liar. Tempat berlindung juga memberikan rasa aman, setidaknya bisa bertahan hidup.

Navigasi

Dengan ilmu navigasi ini akan membantu kamu mencari jalan pulang atau menuju tempat lain yang menunjukkan tanda-tanda kehidupan layaknya manusia. Ilmu navigasi ini mencakup membaca peta, menentukan arah, GPS dan lain sebagainya.

SOS atau Sinyal Darurat

Kamu perlu mengetahui macam-macam cara memberi sinyal agar secepatnya mendapatkan pertolongan dari tim medis atau penyelamat. Hal ini tentunya akan sangat membantu. Ada banyak teknik dalam SOS, yakni memberi sinyal dengan cermin, membuat asap, menyalakan api, memberi suara dan lain sebagainya.

Pertahanan Diri

Ilmu pertahanan diri ini bisa berupa ilmu bela diri dengan tangan kosong. Di hutan identik dengan ancaman binatang liar, maka kamu harus mengetahui pengetahuan dasar ancaman binatang liar maupun penggunaan alat dan teknologi pertahanan diri.

Mental

Hal yang membuat manusia bisa betahan hidup dalam dunia yang keras adalah sikap positif, motivasi yang kuat dan ketenangan dalam berpikir. Jadi, mental dan psikologis dalam keadaan survival sangat berperan besar.

itulah beberapa macam survival yang harus dikuasai oleh para pelaku awak kabin penerbangan. Di sekolah penerbangan PSPP Penerbangan pun mengadakan pelatihan Jungle Survival bagi para calon Pramugara/Pramugari.

Baca juga: Daftar Maskapai Penerbangan Indonesia Untuk Haji

Sekolah Pramugari Terakreditasi A PSPP Penerbangan

Karir Pramugari memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi Pramugari bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah Pramugari untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Februari dan Juni. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Jihan dengan Call/WA 0895-42400-4890. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *