Syarat Dan Cara Membuat Visa Ke Luar Negeri | PSPP Penerbangan

Syarat Dan Cara Membuat Visa Ke Luar Negeri | PSPP Penerbangan

Informasi Penerbangan PSPP Jakarta – Untuk mempersiapkan perjalanan ke luar negeri, tentu kamu membutuhkan dokumen yang penting seperti Paspor dan Visa. Pada artikel ini akan membahas mengenai syarat dan cara membuat Visa ke luar negeri. Dilansir dari nasa.or.id, berikut penjelasan syarat dan cara membuat visa ke luar negeri:

Syarat-Syarat Visa

Untuk mengajukan permohonan pembuatan Visa, inilah beberapa dokumen yang harus kamu siapkan:

  • Paspor
  • Formulir permohonan aplikasi
  • Pas foto (sesuai dengan format dan ukuran yang diminta Kedutaan Besar yang bersangkutan)
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Surat sponsor atau surat keterangan kerja atau surat keterangan belajar
  • Jadwal perjalanan (itinerary)
  • Bukti pemesanan tiket atau tiket pesawat
  • Cara Membuat Visa

Jika kamu ingin mendapatkan Visa tentu harus melakukan sebuah pengajuan terlebih dahulu ke otoritas pembuat Visa negara tujuan. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah cara membuat Visa:

Melakukan Pendaftaran dan Reservasi Jadwal Wawancara serta Verifikasi Dokumen

Dengan adanya teknologi online saat ini akan mempermudah dalam membuat Visa. Kamu hanya tinggal mengunjungi situs Kedutaan Besar negara tujuan untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru dan bisa mengunduh dokumen yang kamu butuhkan. Pemohon akan diarahkan untuk menuju ke website organisasi yang ditunjuk untuk mengisi data diri dan reservasi jadwal verifikasi.

Selain itu, kamu akan diberitahu soal kapan dan di mana waktu wawancara dan verifikasi melalui e-mail. Khusus untuk beberapa negara biasanya pemohon diminta untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum memilih jadwal wawancara atau verifikasi. Untuk pembayaran bisa melalui bank maupun online.

Menyiapkan Dokumen

Sambil menunggu verifikasi atau wawancara, kamu harus menyiapkan sejumlah dokumen-dokumen yang telah tertera pada persyaratan Visa di atas. Pastikan dokumen-dokumen tersebut telah memenuhi syarat dan ketentuan, Check lagi kelengkapannya.

Menyerahkan Dokumen dan Wawancara

Kamu tinggal membawa semua dokumen yang menjadi persyaratan ke tempat yang diminta. Untuk lokasi verifikasi ada yang dilakukan di kantor Kedubes negara ada juga yang tidak. Untuk pemohon sebaiknya kamu datang pagi untuk menghindari antrian yang ramai atau panjang.

Ingatlah untuk selalu mencadangkan setiap dokumen dengan memfotokopinya. Nah, setelah kamu mengantri maka dokumen akan diperikasa oleh petugas. Pastikan juga dokumen yang kamu serahkan sudah lengkap. Bila sudah lengkap, maka kamu akan diminta untuk membayar biaya membuat Visa.

Dalam hal pembayaran biaya membuat Visa hanya satu kali. Jadi, apabilakamu sudah diminta membayar di awal ketika registrasi data di akun yang ditunjuk, maka kamu tidak perlu membayar lagi di tahap penyerahan dokumen ini. Kamu akan diwawancarai mengenai tujuan berkunjung ke negara tujuan, akan tetapi wawancara ini biasanya berlaku untuk beberapa negara.

Proses Pengambilan

Kamu akan diminta menunggu beberapa hari setelah penyerahan dokumen tadi, artinya pengambilan dokumen tidak bisa dilakukan dalam sehari. Nanti kamu akan mendapatkan informasi baik melalui sms atau e-mail mengenai perkembangan proses pengajuan aplikasi Visa.

Nah, untuk jenis Visa yang ditempel di Paspor, selama proses pengajuannya, Paspor asli tidak boleh dibawa pulang sehingga kamu tidak bisa melakukan perjalanan ke negara mana pun bahkan ke negara yang bebas Visa.

Apabila kamu telah mendapatkan notifikasi persetujuan, maka datanglah ke kantor yang ditunjuk untuk mengambil Visa dan biasanya dokumen ini dikeluarkan dalam bentuk hard copy.

Nah, itulah syarat dan cara membuat Visa ke luar negeri. Tentu kamu harus memiliki visa jika berkunjung ke luar negeri karena Visa sebagai bentuk surat izin agar kamu bisa diakui secara legal atau resmi selama kamu di negara tujuan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga: Perbedaan Paspor Biasa Dan E-Paspor

Sekolah Pramugari Terakreditasi A PSPP Penerbangan

Karir Pramugari memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi Pramugari bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah Pramugari untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Februari dan Juni. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Jihan dengan Call/WA 0895-4200-4890. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *