Pertolongan Pertama Pada Penumpang | PSPP Penerbangan

Basic First Aid (Pertolongan Pertama Pada Penumpang) | PSPP Penerbangan

Pendidikan Pramugari PSPP Lampung – Di dunia penerbangan pun dikenal dengan istilah Basic First Aid. Artinya adalah dasar pertolongan pertama pada penumpang yang dilakukan oleh petugas kesehatan kepada penumpang yang terganggu kesehatannya termasuk hal kecelakaan atau dalam keadaan darurat.

Maka, sangat penting bagi petugas kesehatan atau awak kabin seperti Pramugari untuk mengetahui dasar medis tentang teknik pertolongan pertama pada kecelakaan. Dilansir dari nasa.or.id, berikut ini beberapa basic first aid yang diperlukan pramugari:

Lingkup Pelatihan Basic First Aid

Berdasarkan perundang-undangan P3K, memberikan dasar-dasar pertolongan pertama pada kecelakaan. Termasuk pada keamanan dalam suatu penerbangan pesawat. Safety sebenarnya tidak hanya ditanamkan di lingkungan operasi tapi juga di lingkungan office.

Penerapan K3 adalah hak dasar perlindungan bagi pekerja. Setiap pekerja wajib mendapatkan perlindungan dari resiko kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang dapat terjadi. Biasanya di setiap maskapai penerbangan melaksanakan training Basic First Aid agar dapat meningkatkan pemahaman dalam melakukan tindakan P3K sehingga tingkat kecelakaan kerja yang menyebabkan penderita mengalami penurunan kualitas kerja untuk sementara waktu.

Tidak hanya pekerja di maskapai yang mendapat perlindungan kesehatan, begitu pula dengan penumpang pesawat sangat berhak untuk mendapatkan pertolongan pertama dalam keadaan darurat.

Tujuan Utama dari Adanya Traning Basic First Aid

  • Untuk memberikan informasi dan meningkatkan kesadaran akan hal-hal utama dan prinsip dalam P3K
  • Memberikan kesempatan kepada peserta training untuk mempraktikkan hal-hal yang penting yang dapat menyelamatkan jiwa seseorang
  • Memberi pemahaman tentang sistem pernapasan dan teori pernapasan untuk penyelamatan
  • Memberi pemahaman tentang sistem peredaran darah
  • Melakukan evaluasi yang sistematis terhadap korban dan untuk memastikan tidak ada hal yang terlewatkan
  • Membekali peserta training untuk mengenali kebutuhan dan memiliki kemampuan untuk melakukan teknik pendukung kehidupan dalam keadaan darurat
  • Memberi pengetahuan tentang jalan napas yang tersumbat
  • Mampu mengenali dan mengelola internal dan pendarahan eksternal
  • Mampu menangani korban dalam keadaan tidak sadar

Pertama Pertolongan Pertama Pasien

Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bersama dengan para pelaku petugas kesehatan akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dalam memberikan pertolongan pertama atau kegawatdaruratan dengan tepat dan cepat melalui pelatihan Basic First Aid ini.

Semua petugas kesehatan pun berkewajiban untuk memberikan pertolongan gawat darurat dengan tepat dan cepat, terutama perawat yang berada di garis terdepan. Bahkan sekelas Pramugari pun perlu mempelajari Basic First Aid ini demi menyelamatkan penumpang jika mengalami kesehatan yang terganggu.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa training Basic First Aid ini merupakan program pelatihan yang memberikan pelatihan kepada petugas kesehatan termasuk Pramugari sekalipun menganai prinsip pertolongan pertama para pasien atau korban sampai petugas medis datang. Selain itu, mencakup keterampilan yang diperlukan dalam kondisi darurat, dan keterampilan dalam menyelamatkan nyawa atau jiwa seseorang.

Pramugari Harus Tahu Basic First Aid

Nah, selain petugas medis yang memahami tentang Basic First Aid, seorang Pramugara/Pramugari pun perlu mengetahuinya. Jadi memang setiap maskapai memberikan pelatihan kepada Pramugara/Pramugari mengenai Basic First Aid. Tapi, sebelum menjadi seorang Pramugara/Pramugari kamu perlu mengetahui lebih dalam akan tugas dan fungsi sebagai Pramugara/Pramugari.

Tentu dengan mengikuti sekolah penerbangan menjadi solusi terbaik. Kamu akan belajar secara teori dan praktek tentang jurusan yang diambil dengan mendaftar di PSPP Penerbangan. Di sini kamu akan dapat mewujudkan cita-cita yang diinginkan termasuk menjadi seorang Pramugara/Pramugari yang profesional.

Baca juga: Teknik Jungle Survival Bagi Pramugari/a

Sekolah Pramugari Terakreditasi A PSPP Penerbangan

Karir Pramugari memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi Pramugari bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah Pramugari untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Februari dan Juni. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Jihan dengan Call/WA 0895-42400-4890. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *