Melewati Security Check Point Tanpa Repot | PSPP Penerbangan

Sekolah PSPP Penerbangan – Apakah kamu salah satu yang jarang atau mungkin pertama kali menggunakan pesawat? Terkadang bagi orang yang , terkadang momen ini tuh jadi mendebarkan karna tidak tahu apa yang kamu harus lakukan. Supaya gak bingung, kamu perlu baca Tips Melewati Security Check Point Tanpa Repot berikut ini.

Setiap melakukan perjalanan dengan pesawat udara, pasti kamu akan diwajibkan untuk melewati pemeriksaan-pemeriksaan yang ada di bandara. Security Check Point (SCP) yakni tempat pemeriksaan orang dan barang sebelum masuk ke daerah keamanan terbatas bandara. Setiap orang wajib patuh dan menjalani pemeriksaan keamanan di SCP pada setiap bandara.

Pihak Aviation Security (Keamanan Penerbangan) di bandara berhak untuk memastikan semua orang dan barang yang masuk bandara telah aman. Maka dari itu, setiap penumpang serta kru pesawat wajib melepas jaket, topi dan semua benda-benda yang mengandung unsur logam sebelum melewati mesin X-Ray. Beberapa dari barang tersebut ialah barang elektronik (laptop, handphone), kamera, ikat pinggang serta jam tangan. Kebijakan ini bagi siapa saja yang tidak mau melepaskan benda logam yang digunakan saat sedang diperiksa di Security Check Point, maka tidak diijinkan masuk ke bandara.

6 Tips Melewati Security Check Point Tanpa Repot

Ketika masih mengantri lepaskan ikat pinggang dan jam tangan

Petugas Avsec akan mengusut ratusan penumpang yang sudah mengantri sebelum memasuki bandara setiap jamnya. Dengan berkemas-kemas sebelum giliran investigasi tiba, tentunya kamu sudah menghemat waktumu, waktu petugas Avsec, dan waktu penumpang lainnya. Sebel kan kalau ada penumpang yang lelet saat mengantri di SCP.

Setelah melepaskan barang-barang tersebut, masukkan ke tas

Masukkan barang-barang seperti jam, ikat pinggang dan HP ke dalam tas. Hal tersebut akan meminimalisir resiko barang tertukar atau ketinggalan. Agar semuanya ringkas ada di dalam satu wadah.

Masuk ke dalam Walk Through Metal Detector (WTMD) satu per satu

Ketika masuk di Walk Through Metal Detector (WTMD) jangan masuk barengan/rombongan gitu ya. Karna petugas Avsec harus mengusut satu-persatu calon penumpang pesawat.

Ikuti intruksi petugas

Ketika kamu diminta mengeluarkan suatu barang kemudian mengulang pemeriksaan, ikuti aturan yang ada dan jangan marah. Sebab yang petugas lakukan demi keselamatan kamu dan penumpang lainnya juga. Dan dilakukan berdasarkan peraturan yang berlaku dari regulator.

Jangan membawa barang-barang yang dilarang

Tidak membawa barang terlarang seperti gunting, senjata tajam (sajam), cairan kimia berbahaya, dsb. Pastinya tersebut akan merepotkanmu saat pemeriksaan.

Tidak membawa terlalu banyak barang

Terakhir, jangan membawa barang terlalu banyak. Kalau bisa cukup membawa maksimal 1 tas di kabin dan 1 tas untuk di bagasi. Atau lebih simpelnya kamu cukup membawa 1 koper untuk diletakkan di kabin dan 1 tas kecil yang kamu bawa-bawa. Dijamin, kalau kamu bawa barang lebih dari itu kamu bakal repot dan khawatir overweight.

Tentunya dengan menerapkan tips-tips tersebut, perjalananmu di bandara semakin lancar tanpa kerepotan bukan. Keamanan tentu sudah menjadi kunci keselamatan dan kelancaran dalam setiap penerbangan. Patuhi semua peraturan agar perjalanan dan penerbangan dapat berjalan dengan lancar.

Nah, mimin kasih info Sekolah Aviation Security bagi kamu yang berminat menjadi petugas keamanan bandara ataupun SCP tadi. Sekolah atau Pelatihan itu adalah PSPP Penerbangan. PSPP Penerbangan telah mencapai akreditasi A sejak 2013, hal ini tentu sangat menunjang karir kamu ketika mendaftar di maskapai atau perusahaan penerbangan.

Baca juga: Pendaftaran AVSEC Juni 2020 Segera Ditutup, Ini Syaratnya!

Informasi Pendaftaran PSPP Penerbangan

Tahun ini PSPP Penerbangan membuka pendaftaran untuk 2 periode yakni bulan Juni dan Desember. Apabila calon siswa menanyakan pertanyaan ini di bulan Februari, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juni atau kelas Desember atau kelas tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Hanya tersedia 150 kuota untuk masing-masing kampus. Terbatas banget ya dek. Kamu bisa mendaftar di salah satu cabang PSPP yang terletak di Jakarta, Makassar , Yogyakarta atau Lampung.

Untuk adek-adek yang ingin bergabung dengan PSPP Penerbangan bisa langsung menghubungi mimin dengan Call/WA di 0822 1195 1972 atau langsung klik Formulir Pendaftaran. Jadi begitu ya, ketemu lagi nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *