Lulusan SMK Bisa Berkarir Sebagai AVSEC Bandara | PSPP Penerbangan

Lulusan SMK Bisa Berkarir Sebagai AVSEC Bandara | PSPP Penerbangan

Pendidikan AVSEC PSPP Jogja – Karir dalam dunia penerbangan memang identik dengan profesi pramugari dan pilot. Meskipun pada kenyataannya profesi yang lain tak kalah bagus dan menarik, bahkan gaji nya pun diatas UMR. Nah kali ini mimin akan  memberikan informasi menarik bagi kamu yang baru lulus SMA/SMK, lulusan diploma (D1/D3) dan sarjana (S1) juga sangat bisa mencoba peluang berkarir di dunia penerbangan.

Dilansir dari kompasiana.com, persyaratan ini pun tidak seketat pramugari atau pilot, cukup dengan tinggi badan 170 cm untuk laki-laki dan 160 cm untuk perempuan. Berikut ini beberapa ulasan mengenai AVSEC, besaran gaji dan cara mendaftar.

Apa itu AVSEC?

Aviation Security atau disingkat dengan AVSEC yakni personil keamanan penerbangan yang telah mempunyai lisensi/sertifikat langsung dari Direktur Jendral Perhubungan Udara. Lisensi akan menunjukkan seseorang yang mempunyai kompetensi keamanan penerbangan dengan regulasi nasional ataupun internasional. Lisensi tersebut bisa kamu dapatkan melalui pendidikan dan pelatihan oleh lembaga yang telah disetujui oleh Dirjen Perhubungan Udara.

Perbedaan dengan Satpam?

Sudah pasti diantara AVSEC dengan satpam memiliki perbedaan. Sebab sebelum menjadi AVSEC, mereka harus memiliki lisensi dulu. Apabila personil tidak memiliki lisensi yang sah, apabila tidak diizinkan bekerja lagi di bandara. Terdapat 2 jenis lisensi AVSEC, setiap lisensi nya memiliki jenjang karir, yakni:

  1. Pelatihan serta pendidikan dasar meliputi basic AVSEC, junior AVSEC dan senior AVSEC.
  2. Pendidikan dan pelatihan lanjutan meliputi AVSEC Management, Crisis Management, Quality Control, Instructor, Risk Management, Auditor, Negotiation, Human Factor, dan Profilling.

Berapa Gaji AVSEC?

Besaran gaji AVSEC berbeda-beda tergantung kebijakan bandara. Jenis lisensi ini yang akan menentukan besaran gaji yang didapat. Gaji pokok seorang personil AVSEC dengan lisensi basic AVSEC sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan. Gaji pokok tersebut belum termasuk bonus, tunjangan, dan lain-lain. Sebagai salah satu perusahaan bandara, Angkasa Pura memberikan gaji AVSEC sebesar Rp 6.000.000,- per bulan. Nominal ini terbilang cukup besar untuk lulusan SMA/sederajat.

Cara Mendaftar Personil AVSEC

Seoang personil AVSEC wajibkan mengikuti pelatihan dan mendapatkan lisensi sebelum menjadi AVSEC. Penting untuk memilih lembaga yang telah disahkan oleh Dirjen Perhubungan Udara. Dengan mengikuti lembaga yang sah, kamu akan terbantu dalam mencarikan lowongan kerja baik dalam negeri maupun luar negeri. Pilihlah sekolah AVSEC yang jelas dengan status kelegalan lembaga tersebut. Baiknya sebelum registrasi cek status terlebih dahulu ya dek. Pilihlah sekolah AVSEC yang berlisensi resmi seperti PSPP Penerbangan.

Baca juga: Apa sih yang Membedakan Pramugari dengan Staff Penerbangan?

Sekolah AVSEC Terakreditasi A PSPP Penerbangan

Karir AVSEC memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi AVSEC bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah AVSEC untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan. Pilihlah sekolah AVSEC yang berlisensi resmi seperti PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Januari dan Juli 2022. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Jihan dengan Call/WA 0895-42400-4890. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *