Lulusan Apa yang Cocok Untuk Jadi AVSEC? | PSPP Penerbangan

Lulusan Apa yang Cocok Untuk Jadi AVSEC? | PSPP Penerbangan

Pendidikan AVSEC PSPP Jakarta – Personil AVSEC (Aviation Security) merupakan profesi yang dilakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan di dunia penerbangan, seperti di bandara hingga pengguna jasa penerbangan dari tindakan kriminal. personil AVSEC juga bertugas menjaga setiap keselamatan seluruh penumpang dari mara bahaya serta mengamankan penumpang yang membawa benda-benda tajam dan menyimpang dari jalur hukum.

Dalam menjadi AVSEC, kamu harus mengikuti proses-proses pelatihan dan pendidikan yang dilakukan oleh pihak AVSEC Bandara. Tujuan pelatihan dan pendidikan ini ialah mendapatkan lisensi yang dikeluarkan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Indonesia.

Pengertian dan Tugas AVSEC Bandara

AVSEC atau kepanjangan dari Aviation Security merupakan polisi bandara. Meskipun tugas AVSEC lebih untuk menjaga keamanan, namun AVSEC sendiri berbeda dengan security mall ataupun satpam. Perbedaan ini bisa dilihat dari lisensi yang dimiliki AVSEC.

Tugas AVSEC Bandara bukan sebuah tugas yang ringan. Mereka memiliki tanggung jawab untuk menjadi AVSEC sangat berat. Maka dari itu, bagi mereka yang ingin menjadi AVSEC harus memulai pendidikan untuk penyaringan secara ketat dan memenuhi berbagai persyaratan.

Jenis Pendidikan AVSEC Bandara

Jenis pendidikan AVSEC (Aviation Security) yang dilakukan ada 2 jenis, yakni pelatihan dan pendidikan dasar bagi personel keamanan yang meliputi :

  1. Basic Aviation Security
  2. Junior Aviation Security
  3. Senior Aviation Security

Selanjutnya setelah mengikuti pendidikan dasar, seorang calon pendaftar juga harus mengikuti serangkaian pendidikan lanjutan, seperti:

  1. AVSEC Management
  2. Crisis Management
  3. Quality Control
  4. Instructor
  5. Risk Management
  6. Inspector/Auditor
  7. Negotiation
  8. Human Factor
  9. Investigator
  10. Profiling

Dalam menjalankan tugas sebagai AVSEC, mereka harus berpedoman sesuai yang terdapat pada regulasi penerbangan. Baik regulasi yang mengikuti pedoman nasional, dan juga regulasi yang mengikuti internasional.

Persyaratan Mendapatkan Lisensi AVSEC

Sebelum mendaftar menjadi AVSEC, baiknya kamu mengikuti pendidikan di sekolah AVSEC berlisensi resmi seperti PSPP Penerbangan. Lama proses pendidikan untuk mendapatkan lisensi basic AVSEC yakni 6 bulan, dengan rincian 4 bulan belajar di kampus dan 2 bulan OJT/PKL di bandara.

Jika kamu ingin menjadi AVSEC, kamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Berikut ini persyaratan AVSEC PSPP Penerbangan:

  1. Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 27 tahun saat mendaftar
  2. Laki-laki tinggi minimal 168 cm
  3. Perempuan tinggi minimal 163 cm
  4. Single / belum menikah
  5. Lulusan minimal SMA / K sederajat
  6. Sehat jasmani dan rohani
  7. Tidak dalam keadaan hamil.

Kesimpulannya, seorang AVSEC harus memiliki pendidikan terakhir SMA/K sederajat. Baik jurusan IPA, IPS, Otomotif, dsb tidak menjadi masalah. Yang pasti kamu punya keinginan dan kemauan yang sangat baik.

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum Tes Kesehatan AVSEC

Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi PSPP Penerbangan

Karir AVSEC memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi AVSEC bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah AVSEC  untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Juni dan Desember. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Jihan dengan Call/WA 0895-42400-4890. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *