Gimana Sih Cara Mengatasi Ketakutan Saat Terbang | PSPP Penerbangan

Gimana Sih Cara Mengatasi Ketakutan Saat Terbang | PSPP Penerbangan

pspp penerbangan
Flight attendant showing how to use an oxygen mask in case of emergency.

Sekolah Penerbangan Jakarta – Banyak orang suka bepergian dan melihat tempat-tempat baru, tetapi ada satu bagian dari perjalanan yang tidak begitu menyenangkan. Bagi sebagian orang, terbang itu mudah namun punya resiko seperti tarif tinggi, kehilangan bagasi hingga penundaan penerbangan. Namun bagi seorang traveller, terbang itu lebih dari nyaman bukan menakutkan.

Saat terbang, ketakutan bisa disebabkan dari beberapa faktor, termasuk claustrophobia atau rasa takut akan ketinggian. Banyak selebaran yang gugup merasakan kecemasan yang tidak rasional bahwa pesawat mereka akan mengalami kegagalan fungsi dan kecelakaan, tidak peduli beberapa kali mereka mendengar statistik tentang seberapa aman penerbangan dibandingkan dengan mengemudi. Wisatawan lain khawatir tentang pembajakan teroris atau panik pada gagasan bahwa mereka tidak mengendalikan pesawat yang membawa mereka.

Tidak masalah mengapa kamu takut terbang, ada langkah-langkah tertentu yang dapat kamu ambil untuk membantu mengurangi ketakutan kamu. Bahkan memilih menggunakan pesawat atau tidak sudah menjadi keputusan pribadimu, bukan keputusan orang lain. Namun bagi kamu yang bertekad untuk bisa membiarkan ini mengubah cara hidup kamu, nah inilah beberapa tips untuk mengatasi rasa takut kamu saat terbang.

  • Temui Kru

Jika ada waktu sebelum penerbangan, mintalah bertemu pilot pesawat kamu atau luangkan 1 hingga 2 menit untuk mengobrol dengan pramugari. Seringkali, bertemu dengan orang-orang yang memegang keselamatan kamu di tangan mereka dapat membuat pesawat tampak seperti lingkungan yang ramah dan meyakinkan kamu jika kru memiliki pengetahuan dan kompeten.

  • Tune In

Pastikan tablet atau ponsel kamu diisi dengan musik yang menenangkan untuk membantu kamu memasuki kerangka berpikir yang damai. Kamu juga mungkin ingin mengunduh sesi meditasi pereda stres atau pernapasan instruksional dari aplikasi seperti Headspace (iOS | Android) atau Simple Habit (iOS | Android) sehingga kamu dapat mendengarkannya ketika ponsel kamu dalam mode pesawat.

  • Ingatkan Diri Kamu yang Bertanggung Jawab

Banyak selebaran yang cemas terganggu oleh kurangnya kendali yang mereka rasakan karena mereka tidak memiliki pengaruh terhadap keselamatan atau kinerja pesawat. Cobalah untuk mendapatkan kembali sedikit kendali dengan mengingatkan diri sendiri bahwa kamu telah membuat keputusan untuk terbang dan bahwa kamu dapat memutuskan bagaimana kamu merespons pengalaman itu.

  • Bernafas

Saat kecemasan meningkat, pernapasan kamu mungkin menjadi dangkal. Akan tetapi pernapasan dalam dengan sadar bagian dari pereda stres instan. Tarik nafas perlahan selama 5 hingga 10 hitungan melalui hidung lalu keluarkan melalui mulut.

Meskipun sedikit nasihat ini mungkin tampak jelas, namun langkah ampuh untuk menghilangkan rasa cemas. Wehrenberg menjelaskan bahwa pernapasan yang terkontrol bekerja karena “bernafas merupakan salah satu hal yang akan menghentikan serangan panik.”

Menghidupkan ventilasi udara di atas kepalamu, menutup mata dan bersandar akan membantu kamu merasa kurang sesak. Kamu bisa menghisap peppermint atau mengendus sachet lavender untuk trik meditasi lain yang lebih menenangkan.

  • Baca atau Tonton Sesuatu yang Menyenangkan

Kemas buku menarik, majalah, atau teka-teki untuk mengalihkan pikiran kamu dari apa yang terjadi. Pesan komedi di sistem hiburan dalam pesawat kamu dan muat beberapa film favorit ke dalam laptop. Pastikan untuk menyimpan pada kegiatan yang akan berlangsung selama durasi penerbangan kamu dan bahwa kamu dapat terus menikmati ketika saatnya untuk mematikan perangkat elektronik.

  • Minumlah

Untuk menenangkan saraf mereka, banyak selebaran saraf beralih ke alkohol. Meskipun alkohol mungkin cukup baik, tapi perlu diingat bahwa alkohol tidak boleh dikombinasikan dengan obat anti-kecemasan. Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, khususnya di lingkungan pesawat yang gersang. Kalaukamu benar-benar memanjakan diri kamu dengan koktail, pastikan untuk mengikutinya dengan banyak air. Hindari kafein dan stimulan lainnya dapat membuat kamu semakin gelisah.

  • Ikuti Aliran

Kepanikan itu bersifat sementara dan itu akan berlalu. Jika kamu merasa takut kehilangan kendali dan menyerah pada ketakutan selama penerbangan, ingatkan diri kamu bahwa bahkan serangan panik penuh hanyalah penderitaan sementara kamu akan melewatinya.

  • Lebih Banyak Ketakutan tentang Bantuan Terbang

Jika rasa takut kamu sangat melemahkan dan kamu sudah mencoba teknik relaksasi lainnya tanpa hasil, tanyakan kepada dokter kamu apakah mungkin perlu minum obat anti-kecemasan atau pil tidur sebelum kamu terbang.

  • Hubungi Seorang Profesional

Bagaimana kamu tahu kapan saatnya membuat janji dengan seorang profesional medis? Wehrenberg mengatakan, “Jika kamu kurang tidur merasa sakit karena kecemasan, atau menghindari bepergian dengan mengorbankan kenyamanan kamu sendiri atau orang lain,” terapis atau konselor berlisensi dapat membantu kamu mengetahui akar penyebab ketakutan kamu dan bagaimana cara mengatasinya.

Nah itu tadi adalah informasi terkait dunia penerbangan. Dalam dunia penerbangan banyak hal lain yang perlu kamu tahu dan simak lho. Termasuk informasi mengenai profesi dalam maskapai penerbangan seperti yang dimiliki oleh PSPP Penerbangan. Untuk kalian yang ingin mengikuti pendidikan sekolah penerbangan PSPP, kamu bisa lho gabung sesegera mungkin karena kuota terbatas. Nah ini nih informasi Pendaftaran PSPP Penerbangan.

Baca juga: Program Unggulan dan Fasilitas Kampus PSPP Penerbangan

Informasi Pendaftaran PSPP Penerbangan

PSPP Penerbangan tahun ini membuka pendaftaran 2 periode yaitu pada bulan Juni dan Desember. Apabila calon siswa menanyakan pertanyaan ini di bulan Februari, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juni atau kelas Desember atau kelas tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Hanya tersedia 150 kuota untuk masing-masing kampus. Terbatas banget ya dek. PSPP memiliki 4 cabang yang terletak di Jakarta, Yogyakarta, Lampung dan Makassar.

Untuk adek-adek yang ingin bergabung dengan PSPP Penerbangan. Pendaftaran PSPP bisa melalui Call/WA di 0822 1195 1972 (kak Asna) atau langsung klik Formulir Pendaftaran. Jadi begitu ya, ketemu lagi nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *