Fasilitas Ini Harus Ada Di Bandara Internasional | PSPP Penerbangan

Fasilitas Ini Harus Ada Di Bandara Internasional | PSPP Penerbangan

Infomasi Penerbangan PSPP Jakarta – Bandara merupakan salah satu fasilitasa wajib agar bisa melakukan perjalanan dengan transportasi udara. Secara umum, bandara dibedakan menjadi 2, yakni bandara domestik dan bandara internasional. Lalu, apa saja sih fasilitas yang harus ada di bandara internasional?

Industry penerbangan di Indonesia sendiri berkembang dengan pesat, hal ini dibuktikan dengan banyaknya penerbangan domestik dan internasional. Akan tetapi, untuk membangun sebuah bandar udara tak semudah yang masyarakat bayangkan. Hal tersebut dikarenakan adanya pertimbangan berbagai factor, baik ketinggian daratan, angin, hingga kondisi tanah. Pembangunan juga harus dilengkapi dengan fasilitas dan sistem seperti radar dan navigasi. Dilansir dari tespenerbangan.com, berikut ini fasilitas penting bandara internasional yang harus ada.

Public Adress Branch Extension (PABX)

PABX merupakan perangkat peralatan telepon yang terdiri dari Central unit, pesawat cabang, kabel penghubung dan kotak terminal. PABX berfungsi sebagai sentral komunikasi antara bandara dengan pesawat terbang di angkasa. Sedangkan bagian Central unit yang mengontrol sistem operasi PABX ini berfungsi menghubungkan pesawat cabang dengan jalur komunikasi PT. Telkom.

Handy Talky (HT)

Fasilitas berikutnya yang berhubungan dengan komunikasi, yakni Handy Talky (HT) Transceiver. Perangkat ini yakni bentuk dari peralatan UHF-FM Transceiver (Transmitter dan Receiver) dengan sistem multi-channel. Selain itu juga sebagai sarana komunikasi point to point (darat ke darat) dalam yang sangat praktis.

Public Address System (PAS)

Public Address System atau PAS adalah peralatan audio sistem yang berfungsi guna menyampaikan beragam informasi yang berkaitan dengan kegiatan pada bandara. Informasi ini berupa aktivitas dalam bandara seperti kedatangan pesawat, jadwal keberangkatan, keterlambatan hingga pembatalan penerbangan. Ada juga IGCS (Integrated Ground Communication System) yang merupakan sistem komunikasi darat ke darat terpadu dan menggunakan sistem trunking. Alat bantu ini digunakan oleh seluruh satuan kerja petugas di bandara.

Flight Informastion Display System (FIDS)

FIDS adalah integrasi sistem informasi bandara yang berbentuk software dan perangkat hardware yang menyajikan informasi tentang berbagai aktivitas di bandara. Seperti pemberitahuan jadwal keberangkatan, keterlambatan, pembatalan penerbangan, kedatangan pesawat, dsb.

Sebuah bandara juga harus dilengkapi dengan apron atau tempat parker pesawat yang berada dekat bandara. Adapula taxiways yang menghubungkan apron dengan landasan pacu. Kontruksi ini berada di area bandara dan mampu menampung beban yang besar. Sebuah bandara juga memiliki ATC (Air Traffic Controller) yang berfungsi memantau radar dan dilengkapi dengan radio control.

Baca juga: Apa Sih Fungsi Check In Dalam Penerbangan?

Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi PSPP Penerbangan

Karir AVSEC memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi AVSEC bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah AVSEC untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Juni dan Desember. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Jihan dengan Call/WA 0895-42400-4890. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *