Cari Tahu Yuk, Batas Maksimal Usia Staff Penerbangan | PSPP

pspp penerbangan

Staff Penerbangan Jogja – Tahukah kamu batas umur menjadi Staff Penerbangan? Adakah pengaruh usia sebagai batasan usia seorang staff penerbangan?. Nah kali ini mimin akan memberikan gambaran tentang hal yang mungkin bisa dibayangkan jika kamu melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang.

Pasti sebelum naik pesawat, kamu perlu memesan tiket terlebih dahulu baru melakukan check in bandara, kemudian naik pesawat. Akan ada banyak prosedur yang harus kamu ikuti ketika di bandara, khususnya yang berhubungan dengan masalah keamanan dan keselamatan.

Memang betul, profesi di dunia penerbangan bukanlah pekerjaan sembarangan yang bisa dilakukan semua orang. Ada banyak syarat yang diperlukan agar bisa lolos dan bekerja di dunia penerbangan. Syarat-syarat ini sangat penting karena berhubungan dengan pelayanan serta keselamatan para penumpang.

Seorang staff penerbangan dituntut untuk cepat tanggap saat ada penumpang yang sakit, melahirkan, mabuk dan berbagai masalah lain saat check in di bandara. Mereka juga perlu menjawab pertanyaan dengan baik dan sopan saat terjadi delay atau penundaan jadwal penerbangan dimana umumnya tensi emosi penumpang akan naik.

Tidak cukup hanya memenuhi persyaratan untuk menjadi seorang staff penerbangan. Melainkan kapasitas dan skill atau keterampilan juga menjadi faktor penting untuk menentukan lolos tidaknya kamu bekerja dalam dunia penerbangan. Untuk mendapatkan keterampilan serta wawasan luas mengenai staff penerbangan, kamu bisa mengikuti pelatihan atau pendidikan di sekolah penerbangan.

Persyaratan Batas Umur Staff Penerbangan

Sebelum membahas tentang batas umur yang sudah ditentukan untuk lolos dan bisa menjadi Staff Penerbangan, alangkah baiknya jika kamu mengenal dan mengetahui profesi yang satu ini. Terlebih pertumbuhan industri penerbangan di tanah air juga terbilang sangat pesat. Besarnya kebutuhan akan moda transportasi yang cepat dan aman serta semakin murahnya biaya pesawat, mendorong tingginya kebutuhan konsumen terhadap layanan transportasi udara.

Kondisi ini akan memberikan pengaruh terhadap besarnya kebutuhan tenaga kerja di industri ini. Bukan hanya awak kabin saja yang dibutuhkan, akan tetapi juga pekerjaan lain di darat yang juga memerlukan tenaga kerja yang terampil dan cakap.

Staff Penerbangan ini ialah personel atau orang yang bekerja di darat untuk melayani penumpang pesawat terbang. Mereka bertugas memberikan pelayanan sebelum keberangkatan atau pre flight service maupun pelayanan yang diberikan setelah penerbangan atau after flight service. Staff penerbangan bekerja di bagian penerbangan seperti bagian ticketing, konter check in, boarding & disembarking, hingga perjalanan ke tangga pesawat. Setelah turun pesawat pun, kamu akan bertemu dengan sejumlah Staff Penerbangan, seperti: bagian bagasi, kargo hingga security.

Banyak dan kompleksnya tugas Staff Penerbangan, maka wajar saja jika banyak syarat yang diperlukan calon karyawan yang ingin berkarir dalam profesi ini. Secara umum, syarat menjadi Staff Penerbangan meliputi:

  • Minimal berusia 17 tahun
  • Umur tidak lebih dari 23 tahun
  • Memiliki tinggi badan minimal 158 cm (wanita) dan 168 cm (pria)
  • Pendidikan minimal SMA/K sederajat
  • Tidak memiliki cacat atau buta warna
  • Sehat jasmani maupun rohani (dibuktikan dengan surat keterangan dokter)

Kehidupan Menjelang Masa Pensiun Staff Penerbangan

Kamu tidak akan pernah bisa menjadi seorang Staff Penerbangan hingga usia 50 tahun. Hal ini dikarenakan perusahaan penerbangan memiliki kebijakan usia pensiun sekitar 36 tahun. Jika kamu memasuki masa pensiun, pastikan kamu telah merencanakan kehidupan selepas pensiun.

Selepas pensiun kamu bisa mencoba bekerja sebagai instruktur Staff Penerbangan yang baru direkrut perusahaan. Namun kesempatan menjadi seorang instruktur belum tentu menjadi kesempatan baik untuk semua staff penerbangan. Karna kamu akan bersaing lagi dengan rekan yang sama-sama memasuki usia pensiun.

Atau mungkin kamu bisa pindah jalur profesi yang lain, tentu hal ini akan membuatmu belajar sesuatu hal yang baru. Atau kamu bisa memulai membuka bisnis dengan modal gaji yang sudah kamu kumpulkan.

Kehidupan Pensiun Staff Penerbangan

Ketika kamu menginjak usia 36 sampai 40 tahun kamu akan memasuki usia pensiun menjadi Staff Penerbangan, kamu tentu tidak akan mendapatkan gaji yang fantastis. Selain itu kamu juga tidak mendapat keuntungan berupa kesempatan travelling ke kota atau negara lain. Sehingga, jika kamu termasuk orang yang hobi berwisata tentu kamu akan merogoh uang lebih dalam untuk dapat berwisata.

Kesimpulannya masa depan jika menjadi Staff Penerbangan tentu akan sangat jauh berbeda dengan jenis profesi lain. sedangkan masa pensiun mereka lebih cepat dibanding profesi lainnya.

Apakah kamu ingin menjadi bagian dari Staff Penerbangan? Jika iya, kamu perlu menambah wawasan serta keterampilan mengenai dunia Staff Penerbangan di sekolah penerbangan PSPP Penerbangan.

Baca juga: Pendaftaran AVSEC Juni 2020 Segera Ditutup, Ini Syaratnya!

Informasi Pendaftaran PSPP Penerbangan

PSPP Penerbangan tahun ini membuka pendaftaran 2 periode yaitu pada bulan Juni dan Desember. Apabila calon siswa menanyakan pertanyaan ini di bulan Februari, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juni atau kelas Desember atau kelas tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Hanya tersedia 150 kuota untuk masing-masing kampus. Terbatas banget ya dek. Kamu bisa mendaftar di salah satu cabang PSPP yang terletak di Jakarta, Lampung, Yogyakarta dan Makassar.

Untuk adek-adek yang ingin bergabung dengan PSPP Penerbangan. Adik bisa menghubungi admin Official PSPP melalui Call/WA di 0822 1195 1972 (kak Asna) atau langsung klik Formulir Pendaftaran. Jadi begitu ya, ketemu lagi nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *