Cara Menangani Situasi Darurat Sebagai Pramugari | PSPP Penerbangan

Sekolah Pramugari PSPP Lampung – Pramugari itu sendiri ialah karyawati yang bertugas di semua moda transportasi, baik darat, laut maupun udara. Namun sebutan sebagai pramugari lebih dikenal banyak orang di maskapai penerbangan.

Tugas utama seorang pramugari adalah Safety dan Service. Safety artinya keselamatan, sedangkan Service adalah pelayanan pada penumpang dengan sebaik mungkin sehingga mereka akan merasa nyaman dan senang. Banyak masyarakat awan yang mengira jika menjadi pramugari menyenangkan. Sebab selain gaji yang fantastis, mereka juga bisa travelling gratis pula. Padahal gaji yang mereka terima sesuai lho dengan tugas, tanggung jawab serta resiko pekerjaannya.

Persiapan/Briefing

Tugas awal seorang pramugari tentu tidak banyak orang awam yang mengetahuinya. Tugas awal mereka ialah melakukan Pre Flight Check yang berarti mengecek kesiapan sebelum penerbangan dimulai. Hal itu seperti mengecek kelayakan peralatan-peralatan yang dibutuhkan saat keadaan darurat. Tentunya peralatan-peralatan yang sudah tidak layak dan bisa berakibat fatal pada penumpang jika keadaan darurat.

Berikutnya adalah persiapan logistik dan keamanan, mempersiapkan makanan-makanan yang akan disediakan untuk penumpang maupun kru pesawat. Ketersediaan makanan harus mencukupi untuk semua penumpang.

Selanjutnya, pastikan juga kebersihan dan keharuman toilet/lavatory yang berada dalam pesawat. Security check ini untuk memastikan tidak ada barang-barang yang mencurigakan/berbahaya di dalam pesawat.

Selanjutnya ialah boarding. Yaitu proses penumpang naik ke pesawat. Pada saat ini pramugari melakukan greeting salam untuk menyambut para penumpang. Agar memunculkan kesan ramah dan friendly ke penumpang, berikan pengertian dengan menawarkan bantuan kepada yang membutuhkan. Misal: penumpang yang (mohon maaf) cacat, sakit, lansia, ibu-ibu hamil atau membawa bayi.

Para pramugari bertugas membantu mengangkat barang bawaan mereka ke bagasi/ kompartemen. Sebuah kesalahan apabila seorang pramugari menaikkan barang-barang penumpang, mereka hanya membantunya jika memang benar dibutuhkan. Jika semua sudah siap, pramugari memberikan laporan ke kapten dan pintu pesawat ditutup.

Setelah para penumpang duduk dibangku pesawat sesuai seatnya, pramugari akan melakukan pengumuman tentang penerbangan yang akan dijalani. Baik berapa ketinggian pesawat, berapa jarak tempuhnya serta berapa lama sampainya. Tak lupa juga Safety Demonstration atau peragaan keselamatan dengan mengenalkan alat-alat keselamatan serta cara pemakaiannya. Seperti masker oksigen, sabuk pengaman, pelampung dan segala macam serta prosedur keadaan darurat, seperti bagaimana cara menuju pintu / jendela darurat.

Kemudian para pramugari mengecek kembali lagi apakah penumpang sudah menggunakan sabuk pengaman, membuka penutup jendela, menegakkan kursi atau melipat meja. Setelah sudah siap semua, pramugari memberikan laporan kepada kapten jika penerbangan sudah benar-benar siap. Pesawat take off dan menjalani perjalanan penerbangan.

Tanggung Jawab Pramugari Menangani Penumpang

Ketika memasuki masa training, pramugari sudah dilatih dan diajarkan etika, sikap dan cara menangani penumpang selama dalam perjalanan. Disinilah kita bisa melihat letak profesionalisme profesi pramugari. Terkadang bagi mereka yang memiliki mood yang kurang bagus tapi harus terlihat happy dan penuh senyum pada penumpang yang marah-marah semisal ada penundaan. Para pramugari akan menjelaskan alasan keterlambatan itu harus dengan santun dan penuh senyum, sehingga para penumpang bisa luluh dan memakluminya.

Pramugari juga harus tetap bersikap tenang dan sabar dalam menghadapi penumpang. Kemudian mereka akan menanyakan apa masalahnya dan mencarikan solusi dengan penuh keramahan. Cara menangani penumpang dewasa dengan anak-anak tentu berbeda, mereka sudah punya skill khusus untuk menanganinya.

Menyajikan makanan/minuman serta selimut/bantal memang pekerjaan pramugari pada umumnya selama penerbangan dengan rute yang jauh. Sedangkan pada hanya berdurasi 1-2 jam (rute jarak dekat), beberapa maskapai penerbangan hanya memberikan makanan ringan saja.

Risiko Pramugari Menangani Keadaan Darurat

Dalam hidup ini, semenit ke depan pun kita belum tahu apa yang akan terjadi. Melayani penumpang bukan satu-satunya tugas pramugari, tapi mereka juga terlatih menghadapi situasi terburuk yang bisa saja terjadi. Mungkin para penumpang tidak pernah tahu jika pramugari sudah mendapat pelatihan untuk menangani situasi-situasi darurat yang menimpa pesawat.

Ini sangat bermanfaat untuk menyelamatkan para penumpang. Pramugari dituntut untuk tetap tenang dan berusaha menenangkan penumpang, ketika kapten memberi tahu adanya keadaan darurat, hingga menunggu perintah dalam proses evakuasi. Hal teknik apa sajakah yang perlu disampaikan pramugari pada penumpang. Semisal cara duduk atau sikap tubuh untuk melindungi dari benturan keras. Proses evakuasi penumpang dipimpin langsung oleh para pramugari ketika harus melakukan pendaratan darurat baik di darat maupun di air. Tentu saja proses evakuasi dari pesawat berbeda, akan tetapi tetap para pramugari atau kru pesawat adalah orang terakhir yang akan diselamatkan setelah semua penumpang berhasil dievakuasi.

Seperti itu suka duka pramugari ketika menjaga keselamatan para penumpangnya. Disaat banyak orang yang menganggap tugas pramugari mungkin hanya sekedar melayani kebutuhan para penumpang dalam pesawat.

Hal yang wajar memang jika pramugari harus menangani serta mengetahui cara menanggapi keadaan darurat. Mereka juga biasanya tau apa yang dilakukan untuk untuk memadamkan api saat kebakaran. Kesalahan sekecil apapun bisa menjadi bencana yang besar. Sehingga selama masa pelatihan pramugari yang berkisar 3-4 bulan, para pramugari sudah dibekali keterampilan khusus untuk menyelamatkan semua penumpang di dalam pesawat. Mulai dari teknik pernafasan CPR, membantu ibu-ibu melahirkan, hingga kemampuan bela diri jika memang harus dihadapkan dengan teroris. Sudah jelas ya jika pramugari bukan hanya seorang pelayan, tapi juga dokter, tim SAR maupun polisi udara.

Tugas Pramugari Pasca Penerbangan

Setelah penerbangan selesai dan pesawat telah mendarat. Masih belum selesai, tugas pramugari selanjutnya yaitu dengan keramahannya sekali lagi memberikan salah perpisahan yang hangat pada penumpang kemudian kembali melakukan security check. Security check ini untuk memastikan tidak ada barang penumpang yang tertinggal. Kalaupun ada yang tertinggal, pramugari segera memanggil petugas keamanan untuk melaporkan jika da barang yang tertinggal dan kembali memastikan tidak ada barang-barang yang mencurigakan.

Baca juga: Penasaran Gaji Pramugari Maskapai Indonesia? Simak Yuk!

pspp penerbangan pramugari

Informasi Pendaftaran PSPP Penerbangan

Tahun ini PSPP Penerbangan membuka pendaftaran untuk 2 periode yakni bulan Juni dan Desember. Apabila calon siswa menanyakan pendaftaran di bulan Mei, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juni jika masih ada kuota atau kelas Desember di tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Hanya tersedia 150 kuota untuk masing-masing kampus. Terbatas banget ya dek. Kamu bisa mendaftar di salah satu cabang PSPP yang terletak di Jakarta, Makassar, Yogyakarta atau Lampung.

Untuk adek-adek yang ingin bergabung dengan PSPP Penerbangan bisa langsung menghubungi mimin dengan Call/WA di 0822 1195 1972 atau langsung klik Formulir Pendaftaran. Jadi begitu ya, ketemu lagi nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *