Berapa Sih Batas Umur AVSEC Bandara? | PSPP Penerbangan

Berapa Sih Batas Umur AVSEC Bandara? | PSPP Penerbangan

Pendidikan AVSEC PSPP Jakarta – Berdasarkan peraturan Direktur Jendral Perhubungan Udara No.SKEP/2765/XII/2010 Bab 1 Butir 9, Tentang Petugas AVSEC adalah “setiap personil AVSEC wajib memiliki Lisensi dan diberi tugas dan tanggung jawab di bidang kemanan penerbangan”.

Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak semua orang bisa menjadi AVSEC kecuali yang telah memiliki lisensi khusus. Lalu apakah seorang AVSEC juga bisa PNS? dan Berapakah Batas Umur Menjadi AVSEC Bandara?

AVSEC Bisa Jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Dilansir dari tespenerbangan.com, sama seperi pegawai pada umunya, petugas AVSEC juga ada yang PNS dan ada juga yang non PNS, tergantung tempat kerjanya. Contoh tempat kerja yang karyawannya PNS adalah bekerja di bandar udara yang dikelola kementrian perhubungan yang dipimpin oleh kepala bandara.

Di bandar udara ini memiliki Unit, Bidang, seksi keamanan penerbangan, dan petugas AVSEC yang berstatus PNS/ASN perhubungan udara yang berlensi. Contoh tempat kerja yang karyawannya non PNS adalah bekerja di bandar udara yang dikelola PT. Angkasa Pura I dan II dan dipimpin seorang president director. Semua petugas ASVEC yang bekerja disini adalah karyawan PT. Angkasa Pura sendiri dan yang terpenting juga berlisensi.

PT Angkasa Pura II (Persero), selanjutnya disebut “Angkasa Pura II” atau “Perusahaan” Merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang usaha pelayanan jasa kebandarudaraan dan pelayanan jasa terkait bandar udara di wilayah Indonesia Barat.

AVSEC yang berstatus PNS biasanya menggunakan pin kementrian perhubungan di saku dada sebelah kirinya. Terdapat wing Direktorat Jendral Perhubungan Udara di saku kanan atas tepat di atas nama petugas yang bersangkutan. Selain Itu Juga Terdapat pangkat KEMENHUB di kedua bahunya dan terdapat bet DGCA dengan nama instansi di lengan baju sebelah kirinya.

Batas Usia Mejadi AVSEC Bandara

Menjadi seorang AVSEC di suatu maskapai penerbangan juga memiliki masa bakti kerja atau masa pensiun. Setipa maskapai penerpangan mempunyai ketentuan yang berbeda-beda mengenai Batas Usia Menjadi AVSEC Bandara itu sendiri.

Biasanya batas usia menjadi AVSEC atau Masa Pensiun Menjadi AVSEC Bandara yaitu pada usia 65 tahun dengan mendapatkan uang pesangon dan uang pensiun serta hak-hak pensiun lainnya.

Setiap AVSEC berhak mendapatkan hak-hak pensiunnya, hak-hak pensiun tersebut biasanya disesuaikan dengan masa kerjanya selama bekerja di maskapai penerbanagn terkait. Jadi semakin lama masa kerja seorang AVSEC di maskapai penerbangan terkait, maka semakin besar pula hak-hak pensiun yang akan didapatkan.

Nah itulah penjelasan tentang Berapakah Batas Usia Menjadi AVSEC Bandara, Semoga Dapat Menambah Wawasan Anda di Bidang Jasa Penerbangan, Sekian & Terimakasih.

Baca juga: Sekolah Pramugari Terbaik PSPP Jogja

Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi PSPP Penerbangan

Karir AVSEC memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi AVSEC bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah AVSEC untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Maret, Agustus dan Desember. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Jihan dengan Call/WA 0895-42400-4890. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *