Berapa Lama Kontrak Kerja Junior AVSEC? | PSPP Penerbangan

Berapa Lama Kontrak Kerja Junior AVSEC? | PSPP Penerbangan

Pendidikan AVSEC PSPP Makassar – AVSEC (Aviation Security) merupakan polisi bandara yang tidak sembarangan orang dapat menjadi personil keamanan penerbangan yang satu ini. Petugas AVSEC berbeda dengan petugas keamanan pada umumnya. Petugas AVSEC harus mempunyai Surat Tanda Kecakapan Petugas (STKP) atau lisensi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Seorang AVSEC mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam keamanan penerbangan sesuai peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara No. SKEP/2765/XII/2010 Bab 1 Butir 9. Petugas AVSEC bukan hanya bertugas untuk keamanan penerbangan di bandar udara saja, namun semua fasilitas dan benda yang mendukung penerbangan. Fasilitas yang mendukung penerbangan seperti lampu landasan dan pagar pembatas bandara.

Seorang AVSEC dituntut untuk menjaga keamanan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan secara nasional dan internasional yang disebut ICAO. Hal tersebut juga dilakukan dengan memegang lisensi sebagai surat izin dalam bertugas sebagai keamanan bandara. Mengingat begitu sulitnya menjadi seorang AVSEC, lalu berapa lamakah kontrak kerja AVSEC yang baru diterima dan apa saja tugas mereka?

Kontrak Kerja Petugas AVSEC Baru

Biasanya kontrak kerja seorang AVSEC yang baru masuk ialah 1 tahun. Akan tetapi 1 (satu) tahun tersebut biasanya digunakan sebagai keikutsertaan training penerbangan. Setelah 1 tahun, ada banyak jenjang karir yang dipilih sesuai kriteria dan memiliki upah yang berbeda. Salah satu pertimbangan dan sangat diperhatikan ialah kinerja petugas AVSEC yang bersangkutan selama satu tahun training.

Banyak AVSEC yang mengikuti pendidikan dan pelatihan di Sekolah AVSEC berlisensi resmi seperti PSPP Penerbangan. Hal tersebut sangat dibutuhkan, jadi setelah masa kontrak 1 tahun habis, akan diperpanjang atau tidak menjadi keputusan maskapai atau pihak bandara.

Tugas-Tugas AVSEC Bandara

Berikut ini beberapa tugas-tugas petugas AVSEC Bandara:

  1. Memastikan keselamatan penumpang, awak pesawat, petugas hingga orang-orang yang berada di bandara baik akan, sedang atau sudah melakukan penerbangan. Hal tersebut bertujuan agar terhindar dari segala hal yang melawan hukum dan mencegah masuknya barang-barang yang berbahaya selama proses penerbangan.
  2. Melakukan pemeriksaan kepada penumpang.
  3. Melakukan pemeriksaan kepada awak pesawat dan awak penumpang.
  4. Melakukan pemeriksaan bagasi sebelum dan sesudah penerbangan.
  5. Melakukan pengawasan kepada pos, cargo, dan lain sebagainya.
  6. Melakukan pengawasan kepada akses control pada sisi udara.
  7. Memberikan perlindungan kepada perusahaan angkutan udara.
  8. Mematuhi standar peraturan rekomedasi Nasional dan Internasional.

Baca juga: Ticketing dan Reservation Dunia Penerbangan

Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi PSPP Penerbangan

Karir AVSEC memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi AVSEC bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah AVSEC untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Maret, Agustus dan Desember. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Jihan dengan Call/WA 0895-42400-4890. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *