Beberapa Macam Resiko Naik Pesawat Terbang | PSPP Penerbangan

Beberapa Macam Resiko Naik Pesawat Terbang | PSPP Penerbangan

Pendidikan Penerbangan PSPP Makassar – Perkembangan dunia penerbangan yang begitu pesat tentu sebagai salah satu dampak atas kebutuhan jumlah pengguna pesawat terbang yang semakin tinggi. Bahkan saat ini perjalanan menggunakan pesawat terbang sudah menjadi alternatif bagi banyak orang. Baik itu untuk kepentingan urusan bisnis maupun liburan. Namun, ternyata tidak semua orang merasa nyaman ketika harus mengadakan perjalanan dengan pesawat terbang.

Banyak pula yang masih merasa cemas dan takut naik pesawat terbang dikarenakan berbagai hal. Sebut saja mulai dari karena memiliki fobia terbang atau memang belum terbiasa dengan suasana saat berada di kabin pesawat. Belum lagi dengan beberapa insiden dalam dunia penerbangan yang semakin membuat banyak orang takut sendiri ketika harus mengadakan perjalanan dengan pesawat.

Resiko Naik Pesawat Terbang

Pertama, Masalah Gangguan Mesin

Prosedur tetap yang harus dilakukan oleh maskapai penerbangan mewajibkan pesawat terbang untuk dicek secara berkalasetiap harinya. Hal ini bertujuan untuk membuat perjalanan dengan pesawat terbang terasa aman dan nyaman bagi penumpang pengguna transportasi udara.

Namun hal tersebut bukan berarti tidak ada gangguan mesin yang dapat terjadi sewaktu-waktu saat berlangsungnya jadwal penerbangan.

Selain itu dengan adanya standar usia yang beragam dari maskapai penerbangan yang mana memiliki pesawat yang usia rata-ratanya 5 tahun. Tentu sudah umum apabila terjadi kendala teknis yang wajib dicek secara berkala sama.

Kedua, Cuaca

Apabila sudah bicara cuaca maka hal ini merupakan sesuatu hal yang sulit diprediksi dan sudah di luar batas kemampuan manusia. Satu hal yang perlu diketahui bahwa sebuah pesawat tidak akan mengalami kerusakan apabila badan pesawat tersambar petir.

Hal ini dikarenakan badan dan kerangka pesawat memang diciptakan untuk dapat bertahan di kondisi cuaca ekstrim.

Ketiga, Masalah Kelalaian Pilot

Tidak jarang resiko penerbangan salah satunya dikarenakan kelalaian seorang pilot. Akan tetapi untuk menjadi seorang pilot profesional tentu tidak akan mudah. Seorang calon pilot pesawat harus melewati berbagai pelatihan dan tes sesuai dengan standar keamanan industri penerbangan yang sangat sulit.

Maka kemungkinan pilot lalai pada saat melakukan tugas penerbangan pesawat sangatlah kecil untuk terjadi. Namun meskipun kelalaian ini tidak sengaja terjadi maka didalam pesawat juga dilengkapi dengan Black Box.

Alat ini merupakan alat yang merekam seluruh aktivitas pesawat selama dalam penerbangan serta merekam komunikasi awak pesawat terbang suatu maskapai. Alhasil bukti keteledoran tersebut dapat diketahui dengan cepat oleh tim ahli. Selanjutnya pilot yang sengaja lalai akan diberikan sanksi tersendiri.

Keempat, Masalah Kecelakaan

Kecelakaan dalam penerbangan bukanlah sesuatu yang mustahil terjadi. Hal ini bisa disebabkan beragam faktor salah satunya akibat cuaca buruk yang menimpa selama penerbangan. Cuaca buruk ini tentu bisa terjadi sewaktu-waktu yang mana akan merusak rencana penerbangan yang telah dibuat sebelumnya.

Alhasil pilot dan kru penerbangan tentu harus bereaksi secepat mungkin agar terhindar dari marabahaya akibat cuaca buruk. Akan tetapi tidak jarang cuaca buruk ini sangat tidak bisa dihindarkan. Jika sampai terjadi kecelakaan yang diakibatkan cuaca buruk, tentu kamu tidak bisa menyalahkan ketidakkompetensi yang dimiliki pilot. Sebab pilot pesawat terbang tentu sudah berusaha semaksimal mungkin dan tidak menginginkan terjadinya kecelakaan.

Bahkan pilot akan berusaha mendaratkan pesawatnya seaman mungkin meskipun harus melakukan pendaratan darurat diatas air. Resiko naik pesawat terbang diatas tentu tidak akan sebanding dengan tingkat keselamatan dan kenyamanan yang akan didapatkan ketika menggunakan jasa transportasi penerbangan. Bahkan pesawat terbang dinilai sebagai salah satu moda transportasi yang paling aman.

Baca juga: Cara Praktis Menata Rambut Ala Pramugari

Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi PSPP Penerbangan

Karir AVSEC memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi AVSEC bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah AVSEC untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Juni dan Desember. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Jihan dengan Call/WA 0895-42400-4890. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *