Beberapa Jenis Tes Pramugari Yang Harus Dilalui | PSPP Penerbangan

Sekolah Pramugari Jogja – Menjadi seorang pramugari bukanlah hal yang mudah jika kamu belum lulus tes pramugari. Memang berat kriteria untuk menjadi pramugari dan perlu banyak yang kamu siapkan. Tujuan dari tes pramugari adalah mencari bibit terbaik untuk dijadikan seorang pramugari yang berpenampilan menarik, kerja keras, penuh semangat dan selalu bertanggung jawab atas kinerjanya.

Pramugari adalah sebutan untuk awak kabin wanita, sementara pramugara untuk pria. Mereka sebelum bekerja di maskapai penerbangan memang perlu melalui berbagai jenis tes pramugari. Dari semua tes tersebut, semua harus lulus. Akan tetapi jika gagal satu, maka akan gagal semuanya.

Walaupun tes pramugari tergolong sulit, namun setelah kamu melalui semua tes dan dinyatakan lulus sebagai pramugari kamu akan menikmati banyak hal. Bayangkan saja, lulus SMA, gaji lebih besar dari seorang sarjana bahkan lulusan S2 serta bisa berjalan-jalan keliling dunia secara cuma-cuma. Siapa yang menolak? Namun dibalik hal yang menyenangkan itu, ada tanggung jawab pramugari yang cukup berat.

Maka dari itu perlu adanya tes pramugari. Seorang pramugari tidak boleh mereka yang pemalas dan tidak percaya diri menghadapi serta melayani penumpang. Terlebih jika ada penumpang yang banyak kritik, harus tahan banting para pramugari agar tak goyah dan tetap terlihat berwibawa. Nah ini dia tahapan tes yang perlu kamu ketahui.

Tes Penampilan Calon Pramugari

Tes pertama adalah tes penampilan. Dimana pramugari akan dinilai mulai dari riasan wajah, pakaian hingga cara berjalannya. Tips untuk tes penampilan adalah untuk make-up jangan terlalu mencolok. Sebab kebanyakan maskapai tidak menyukai dandanan yang mencolok. Cukup make-up gaya natural saja, serta jangan lupa untuk cepolan rambut sebagus mungkin.

Selain itu kamu juga akan diminta untuk memperkenalkan diri menggunakan bahasa inggris. Intinya kamu perlu percaya diri dan usahakan ada kata “eee” di setiap perkataan kamu. Hal tersebut bisa mengurangi poin kamu. Nah saat berdiri juga usahakan jangan goyang-goyang.

Terakhir, kamu akan disuruh untuk berjalan layaknya model tapi tetap natural jangan terkesan dibuat-buat. Pastikan juga pandangan kamu lurus ke depan dengan senyum ramah dan natural selama berjalan.

Tes Pramugari Mengenai Psikotes & Bahasa Inggris

Di seluruh perusahaan, pasti akan menemui psikotes untuk merekrut calon karyawan barunya, termasuk juga untuk tes pramugari pun menggunakan tes ini. Persiapkan diri kamu dengan sebaik mungkin, dan berikut beberapa jenis psikotes yang perlu kamu lalui:

 

  • Tes Menggambar

 

Tidak harus pintar menggambar untuk menjadi pramugari. Tes ini hanya untuk mengetahui pribadi kamu melalui gambar yang kamu buat. Usahakan untuk menggambar detail yang cukup bagus, seperti gambar daun, ranting atau buah.

 

  • Tes Koran

 

Tes koran hanya sebutan saja, sebenarnya tes ini biasa disebut dengan tes Pauli atau tes kraepelin. Tes ini menggunakan kertas seperti koran yang berisikan angka-angka

 

  • Tes Kepribadian

 

Tes ini mengharuskan kamu untuk menjawab kehidupan sehari-hari kamu. Jawablah dengan jujur berdasarkan kehidupan sehari-harimu seperti apa. Janganlah kamu mengarangnya.

 

  • Tes Kemampuan Bakat

 

Pramugari dituntut untuk berwawasan luas, IQ kamu juga harus di tes pada tahap ini. Biasanya yang di tes adalah kemampuan verbal untuk menjawab soal sinonim, antonim, dsb. Kamu juga tes menghitung dan tes yang berhubungan dengan sebuah gambar.

 

  • Bahasa Inggris

 

Tidak semua orang dalam pesawat itu merupakan orang Indonesia dan bisa berbahasa Indonesia, maka dari itu kamu harus bisa berbahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa Universal, sehingga wajib dipelajari oleh pramugari.

Pada tahap ini biasanya tes reading, structure dan grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Tes Pramugari Tahap Interview

Setelah melewati tahap psikotes dan bahasa inggris, selanjutnya kamu harus melewati tahap interview. Interview sendiri dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :

 

  • Interview User

 

Setiap calon pramugari akan ditanyai motivasi masuk maskapai tersebut. Selain itu mereka juga akan menggali lebih dalam pengetahuan mengenai maskapai yang bersangkutan. Tipsnya adalah sebelum tahap ini, kamu perlu mencari tahu tentang dunia penerbangan khususnya pada bagian pramugari serta seluk beluk perusahaan yang kamu masuki. Pihak interviewer biasanya orang dari maskapai tersebut.

 

  • Interview Kompetensi

 

Interview ini lebih menanyakan dengan hal-hal pribadi, sehingga kamu tidak perlu belajar. Cukup siapkan mental agar tidak tersendat ketika menjawab pertanyaan interviewer.

Pertanyaan ini akan seputar pekerjaan kamu sebelumnya, kegiatan saat kuliah, serta keseharianmu di rumah. Tipnya jangan sampai kamu gugup dan percaya dirilah namun jangan terlihat terlalu santai. Pastikan bahasa yang kamu gunakan bagus dan baku saat menjawab.

Tes Kesehatan

Tes berikutnya adalah tes kesehatan atau sering disebut tes Medex (Medical Examination). Meskipun mungkin kita merasa sehat, namun kemungkinan ada sesuatu yang salah pada bagian dalam tubuh kamu. Berikut ini beberapa tes kesehatan yang perlu dilalui calon pramugari.

  1. Tes jantung/EKG, tes yang merekam aktivitas jantung kamu dan melihat apakah ada riwayat penyakit jantung atau tidak.
  2. Tes laboratorium untuk mengetahui ada penyakit dalam termasuk penyakit pernapasan.
  3. Tes urine, untuk mengecek sang calon pramugari menggunakan narkoba dan minumal beralkohol atau tidak.
  4. Tes fisik, meliputi bagian tubuh luar dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Tahap Aspek Keamanan (Askam)

Tahap ini merupakan tahap terakhir penerimaan pramugari. Tes ini bertujuan untuk memeriksa latar belakang dari calon pramugari yang melamar ke maskapai. Untuk mengetahui apakah orang tersebut bersih dari radikal dan jerat hukum.

Pada tahap ini akan diperiksa kelengkapan identitas serta berkas persyaratan lain. Disini kamu perlu mengisikan:

  1. Data diri dan keluarga
  2. Mengisi pendapat mengenai NKRI, UUD 1945, sejarah Indonesia, wawasan kebangsaan dan wawasan umum.
  3. Melakukan interview dengan divisi keamanan maskapai.

Perlu kamu tahu, tidak semua maskapai melakukan tes keamanan ini kecuali maskapai Garuda. Sehingga jika kamu ingin bekerja di maskapai tersebut, persiapkan tes keamanan dengan baik.

Untuk melewati semua tahap tersebut yang kamu perlukan tentu wawasan serta pengetahuan yang lebih mengenai dunia kepramugarian. Langkah tepat yang bisa kamu pilih adalah dengan mendaftarkan diri kamu di PSPP Penerbangan, Sekolah Pramugari Terakreditasi A. Kamu bisa menghubungi kak Asna dengan Call/WA ke 0822 1195 1972. Jadi begitu ya, ketemu lagi nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *