Alat Bantu Tugas dan Kelebihan AVSEC Bandara  | PSPP Penerbangan

Alat Bantu Tugas dan Kelebihan AVSEC Bandara  | PSPP Penerbangan

Pendidikan AVSEC PSPP Lampung – Seorang AVSEC atau Personil Keamanan Penerbangan membutuhkan peralatan dalam melaksanakan tugasnya, fasilitas keamanan penerbangan tersebut terdiri dari:

  1. Peralatan Pendeteksi Bahan Organik & Non-Organik
  2. Peralatan Pendeteksi Bahan Peledak
  3. Peralatan Pendeteksi Metal
  4. Peralatan Pendeteksi Bahan Nuklir, Biologi, Kimia & Radioaktif
  5. Kendaraan Patroli Keamanan Penerbangan
  6. Peralatan Pusat Penanggulangan Keadaan Darurat (Emergency Operation Centre)
  7. Peralatan Pengendalian Jalan Masuk (Access Control)
  8. Peralatan Komunikasi Personel Keamanan

Tugas AVSEC (Aviation Security)

Tugas seorang AVSEC berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara No. SKEP/ 40/ II/ 1995 berikut rincian tugas yang dilakukan.

 

  • Pokok-Pokok Yang Diatur :

 

  1. Pemeriksaan Dokumen
  2. Pemeriksaan Penumpang, Bagasi dan Bagasi Kabin
  3. Pelaporan (Check-In)
  4. Pemeriksaan Awak Pesawat
  5. Penanganan Senjata
  6. Penanganan Bagasi Kabin & Bagasi
  7. Pemeriksaan Penumpang Transit & Transfer
  8. Penanganan Penumpang Khusus
  9. Pemeriksaan Jamaah Haji, Bagasi Kabin dan Bagasinya
  10. Pengawasan Jalur Menuju Ke Dari Pesawat Udara
  11. Penggolongan
  12. Pengemasan
  13. Pengawasan
  14. Penertiban Kargo
  15. dsb

Beberapa Kelebihan Menjadi AVSEC Bandara Yang Bertugas di Indonesia

Mendapatkan Pelatihan Khusus

Menjadi seorang AVSEC tidak mudah. Seorang harus menjalani pelatihan khusus hingga mendapatkan sertifikat atau lisensi. Hal ini sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara. Di dalam pelatihan ini, calon AVSEC tidak hanya diajarkan tentang aturan-aturan yang ada terkait bandara dan pesawat.

Akan tetapi beberapa pelajaran tambahan seperti bahasa Inggris untuk membekali calon AVSEC saat berkomunikasi dengan orang asing. Sikap etika dan sopan santun yang baik saat berhadapan dengan semua penumpang juga diajarkan dalam pelatihan ini.

Bebas Mengelilingi Bandara

Bandara adalah fasilitas umum yang tidak sembarang orang boleh memasukinya. Bukan hanya orang-orang yang berkepentingan saja yang diperbolehkan masuk, itu pun melalui jalan-jalan yang sudah ditentukan. Bahkan, pengantar penumpang dilarang keras untuk ikut dalam bandara.

Aturan seperti ini tidak berlaku bagi AVSEC karna mereka diperbolehkan bebas memastikan seluruh area bandara dalam keadaan aman.

Hal penting yang harus kamu miliki ketika ingin menjadi petugas AVSEC adalah STKP/lisensi. Jika seseorang sudah memiliki lisensi, maka dianggap memiliki kompetensi untuk menjalankan tugas oleh Dirjen Perhubungan Udara.

Baca juga: Lengkap! Disini Letak Alat Keselamatan di Dalam Pesawat

Namun tidak mudah mendapatkan lisensi, kamu perlu mengikuti pendidikan khusus di sekolah AVSEC selaku penyelenggara yang telah memiliki izin resmi dari Dirjen Perhubungan Udara. Salah satu sekolah AVSEC yang bisa kamu pilih adalah PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan memiliki 4 cabang kampus yang terletak di Yogyakarta, Makassar, Lampung dan Jakarta. Setiap kuota hanya memiliki 150 kuota. Jadi tunggu apalagi, yuk segera daftarkan dirimu di PSPP Penerbangan dengan klik DAFTAR di halaman depan atau hubungan admin Call/WA 0822 1195 1972. Terimakasih dan salam sukses dari admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *